Hari/tanggal : 25/7/2019
Mata pelajaran : IPA, Bahasa Indonesia
Tema 1 :
Selamatkan mahluk Hidup
Sub Tema 2 :
Hewan Sahabatku
Pembelajaran : 3
IPA
Tentukan cara
perkembangbiakan hewan dalam tabel seperti
berikut !
No
|
Nama hewan
|
Cara Perkembang biakan
|
||
ovivar
|
vivivar
|
ovovivivar
|
||
1
|
Anjing
|
|
|
|
2
|
Bebek
|
|
|
|
3
|
Bunglon
|
|
|
|
4
|
Kambing
|
|
|
|
5
|
Kadal
|
|
|
|
6
|
Cicak
|
|
|
|
7
|
Kelinci
|
|
|
|
8
|
Kupu-kupu
|
|
|
|
9
|
Sapi
|
|
|
|
10
|
Ular
pucuk
|
|
|
|
Bahasa Indonesia
Menentukan Gagasan Pokok pada Teks yang
Dibacakan
gagasan pokok paragraph terletak pada
kalimat pokok atau kalimat utama.
Cara menentukan gagasan pokok yang
dibacakan :
1. Mendengarkan dengan saksama setiap
kalimat dari teks yang dibacakan.
2. Menuliskan kata kunci dari teks yang
dibacakan.
3. Menentukan kalimat pokok paragraf.
4. Menentukan gagasan pokok paragraf
dengan menjawab pertanyaan "apa yang sedang dibahas?"
1.
Jagung
merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di
berbagai negara, salah satunya di
Indonesia. Di Indonesia, penduduk Pulau Madura menjadikan jagung sebagai
makanan pokoknya. Jagung merupakan salah satu tanaman penghasil karbohidrat
yang sangat diperlukan oleh tubuh. Ide pokok
pada paragraf diatas adalah ...
a. jagung merupakan tanaman yang
dijadikan bahan makanan pokok di Indonesia
|
c. jagung menjadi makanan pokok
penduduk Madura
|
b. jagung merupakan salah satu
tanaman penghasil karbohidrat yang sangat tidak diperlukan oleh tubuh
|
d. jagung merupakan salah satu
tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di berbagai negara
|
2.
Ide pokok yang terdapat pada
paragraf diatas yaitu ...
a. padi merupakan hasil utama
pertanian di Vietnam
|
c. industri di Vietnam meliputi
meliputi tekstil, semen, pupuk, kaca dan ban
|
b. perekonomian sebagian besar
penduduk Vietnam
|
d. terdapat dua sungai penting,
yaitu sungai Mekong dan sungai Songka
|
Hari/tanggal :
25 /7/2019
Mata pelajaran : PKN, Bahasa Indonesia
Tema 1 :
Selamatkan mahluk Hidup
Sub Tema 2 :
Hewan Sahabatku
Pembelajaran : 4
Perilaku
disekolah yang sesuai dengan sila ke empat pancasila
1.
Mengikuti pemilihan ketua kelas dengan tertib.
2.
Mendengarkan ketika teman menyampaikan pendapat.
3.
Melakukan musyawarah untuk menentukan jadwal piket.
4.
Melakukan musyawarah sebelum membeli perlengkapan kelas.
5.
Melaksanakan hasil musyawarah kelas dengan bertanggung jawab.
6.
Menghindari memaksakan kehendaksaat mengikuti musyawarah kelas.
Perilaku
dirumah yang sesuai dengan sila ke empat pancasila
1.
Melakukan musyawarah saat menentukan tugas rumah.
2.
Menanggapi kritik dan saran dari anggota keluarga dengan sopan.
3.
Memberikan kritik dan saran kepada anggota keluarga dengan sopan.
4.
Menyampaikan pendapat disertai alasan yang masuk akal dan santun.
5.
Menaati aturan yang telah disepakati warga di lingkungan sekitar rumah.
6.
Menghargai perbedaan pendapat antarwarga di lingkungan sekitar rumah.
Jawablah pertanyaan
dibawah ini!
1.
Dengan musyawarah berarti kita telah
mengamalkan pancasila sila ke . . . .
2.
Para siswa bergotong royong merapikan
kelas,kegiatan siswa tersebut merupakan
contoh pengamalan pancasila sila ke . .
. .
3.
Pak Pras
ingin mendirikan peternakan kambing di lahan miliknya yang berada di desa
Sukamakmur. Pak Pras mengumpulkan warga sekitar lahan miliknya untuk meminta
pendapat terkait hal tersebut. Warga ternyata tidak menyetujui adanya
peternakan kambing di dalam wilayah dalam desa. Pak Prass pun menerima
keputusan warga dengan bijaksana. Sikap Pak Prass tersebut mencerminkan sila
keempat pancasila yaitu ....
a. Bermusyawarah dan mementingkan dirinya sendiri
b. Bermusyawarah dan menjaga persatuan warga
c. Bermusyawarah dan tidak memaksakan keinginan pribadi
d. Bermusyawarah dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada
a. Bermusyawarah dan mementingkan dirinya sendiri
b. Bermusyawarah dan menjaga persatuan warga
c. Bermusyawarah dan tidak memaksakan keinginan pribadi
d. Bermusyawarah dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada
Menentukan Kesimpulan dari Teks Laporan Hasil Pengamatan
Cara menentukan
kesimpulan dari teks yang dibacakan !
1. Mendengarkan
teks yang dibacakan secara saksama.
2. Menemukan
informasi penting yang terdapat pada teks.
3. Menghubungkan gagasan
pokok dan informasi yang diperoleh menjadi satu pernyataan.
Matematika
1. Hasil dari -15 + 9 adalah . . . .
a. -24 c. 6
b. -6 d. 24
2. Hasil dari -23 + (-11) adalah . . . .
a. -34 c. 12
b. -12 d. 34
3. Hasil dari -20 – (-38) adalah . . . .
a. -58 c. 58
b. -18 d. 18
4. -8 x 6 = n; nilai n adalah . . . .
a. -48
c. 42
b. -65
d. 48
5.
Suhu di sebuah puncak gunung pada siang hari 60 C. Pada malam hari
suhunya
turun 150 C. Berapa 0C
suhu di puncak gunung tersebut pada malam hari?
6
Suhu dalam lemari es pada saat dinyalakan adalah -50 C. Setelah
mesin dimatikan
suhunya naik 180 C. Berapa 0C
suhu dalam lemari es setelah mesinnya dimatikan?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar