Minggu, 15 September 2019

tema 3 subtema 2 pb 4

RINGKASAN MATERI PEMBELAJARAN

Hari/Tanggal : Senin, 16 September 2019
Tema 3 : Tokoh dan Penemuan
Sub Tema 2 : Penemu yang Mengubah Dunia
Pembelajaran : 4 (empat)
Muatan PB : PKN, Bahasa Indonesia

MUATAN PKN

Melaksanakan kewajiban dengan penuh tanggung jawab

Contoh- contoh melaksanakan kewajiban dengan tanggung jawab


Dirumah :
1. Membuang sampah di tempat sampah agar tidak mengganggu hak orang lain untuk menikmati     kebersihan
2. Menghargai makanan yang tersedia dirumah dengan cara tidak menyisakan makanan

Disekolah :
1. Melaksanakan piket kelas sesuai tugas dan jadwalnya
2. Menjaga ketenangan saat membaca buku di perpustakaan
3. Datang kesekolah tepat waktu agar tidak mengganggu proses belajar mengajar

Dimasyarakat :
1. Menjaga saluran air dilingkungan dengan tidak membuang sampah di got-got perumahan
2. Mematuhi aturan lalu lintas saat menyebrang jalan

Latihan :
1. Tuliskan contoh pelaksaan kewajiban dengan penuh tanggung jawab dalam menghemat energy listrik
2. Tuliskan contoh pelaksaan kewajiban dengan penuh tanggung jawab dilingkungan rumah, sekolah dan masyarakat tuliskan juga dampak terhadap hak orang lain jika tidak melaksanakan kewajiban tersebut !

Muatan Bahasa Indonesia
Kalimat efektif dalam teks eksplanasi
Teks eksplanasi adalah teks yang dibuat untuk menjelaskan proses terjadinya suatu peristiwa atau fenomena secara ilmiah, baik berupa fenomena alam maupun fenomena sosial.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi :
a. Memuat informasi berdasarkan fakta (faktual).
b. Strukturnya terdiri atas
1) pernyataan umum (merupakan gambaran awal tentang sesuatu yang disampaikan dengan pernyataan yang bersifat umum);
2) deretan penjelasan atau eksplanasi (merupakan inti penjelasan yang disampaikan);
3) interpretasi (berisi pandangan atau simpulan penulis yang bersifat opsional). 

Pengertian Kalimat Efektif
Kalimat efektif dapat diartikan sebagai susunan kata yang mengikuti kaidah kebahasaan secara baik dan benar. Tentu saja karena kita berbicara tentang bahasa Indonesia, kaidah yang menjadi patokan kalimat efektif dalam bahasan ini adalah kaidah bahasa Indonesia menurut ejaan yang disempurnakan (EYD).
Syarat kalimat efektif :
1. Sesuai EYD
Sebuah kalimat efektif haruslah menggunakan ejaan maupun tanda baca yang tepat. Kata baku pun mesti menjadi perhatian agar tidak sampai kata yang kamu tulis ternyata tidak tepat ejaannya.

2. Sistematis
Sebuah kalimat paling sederhana adalah yang memiliki susunan subjek dan predikat, kemudian ditambahkan dengan objek, pelengkap, hingga keterangan. Sebisa mungkin guna mengefektifkan kalimat, buatlah kalimat yang urutannya tidak memusingkan. Jika memang tidak ada penegasan, subjek dan predikat diharapkan selalu berada di awal kalimat.

3. Tidak Boros dan Bertele-tele
Jangan sampai kalimat yang kalian buat terlalu banyak menghambur-hamburkan kata dan terkesan bertele-tele. Pastikan susunan kalimat yang kalian rumuskan pasti dan ringkas agar orang yang membacanya mudah menangkah gagasan yang kalian tuangkan.

4. Tidak Ambigu
Ciri-ciri Kalimat Efektif
Untuk membuat kalimat efektif tidaklah sulit asalkan sudah memahami ciri-ciri suatu kalimat dikatakan efektif. Berikut ini adalah 5 ciri-ciri sehingga suatu kalimat dapat kita katakan efektif.
1. Kesepadanan Struktur

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kelengkapan struktur dan penggunaannya. Inilah yang dimaksud dengan kesepadanan struktur. Ada beberapa hal yang menyangkut ciri-ciri yang satu ini.
a. Pastikan kalimat yang dibuat mengandung unsur klausa minimal yang lengkap, yakni subjek dan predikat.
b. Jangan taruh kata depan (preposisi) di depan subjek karena akan mengaburkan pelaku di dalam kalimat tersebut.

Contoh kalimat efektif dan tidak efektif:
Bagi semua peserta diharapkan hadir tepat waktu. (tidak efektif)
Semua peserta diharapkan hadir tepat waktu. (efektif)
c. Hati-hati pada penggunaan konjungsi yang di depan predikat karena membuatnya menjadi perluasan dari subjek.

Contoh:
Dia yang pergi meninggalkan saya. (tidak efektif)
Dia pergi meninggalkan saya. (efektif)
d. Tidak bersubjek ganda, bukan berarti subjek tidak boleh lebih dari satu, namun lebih ke arah menggabungkan subjek yang sama.

Contoh:
Adik demam sehingga adik tidak dapat masuk sekolah. (tidak efektif)
Adik demam sehingga tidak dapat masuk sekolah. (efektif)
2. Kehematan Kata

Karena salah satu syarat kalimat efektif adalah ringkas dan tidak bertele-tele, kalian tidak boleh menyusun kata-kata yang bermakna sama di dalam sebuah kalimat. Ada dua hal yang memungkinkan kalimat membuat kalimat yang boros sehingga tidak efektif. Yang pertama menyangkut kata jamak dan yang kedua mengenai kata-kata bersinonim. Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini contoh mengenai kesalahan dalam kata jamak dan sinonim yang menghasilkan kalimat tidak efektif.

Contoh Kata Jamak:
Para siswa-siswi sedang mengerjakan soal ujian masuk perguruan tinggi. (tidak efektif)
Siswa-siswi sedang mengerjakan soal ujian masuk perguruan tinggi. (efektif)

Ketidakefektifan terjadi karena kata para merujuk pada jumlah jamak, sementara siswa-siswi juga mengarah pada jumlah siswa yang lebih dari satu. Jadi, hilangkan salah satu kata yang merujuk pada hal jamak tersebut.

Contoh Kata Sinonim:
Ia masuk ke dalam ruang kelas. (tidak efektif)
Ia masuk ruang kelas.

Ketidakefektifan terjadi karena kata masuk dan frasa ke dalam sama-sama menunjukkan arti yang sama. Namun, kata masuk lebih tepat membentuk kalimat efektif karena sifatnya yang merupakan kata kerja dan dapat menjadi predikat. Sementara itu, jika menggunakan ke dalam dan menghilangkan kata masuk—sehingga menjadi ia ke dalam ruang kelas—kalimat tersebut akan kehilangan predikatnya dan tidak dapat dikatakan kalimat efektif menurut prinsip kesepadanan struktur.

3. Kesejajaran Bentuk
Ciri-ciri yang satu ini menyangkut soal imbuhan dalam kata-kata yang ada di kalimat, sesuai kedudukannya pada kalimat itu. Pada intinya, kalimat efektif haruslah berimbuhan pararel dan konsisten. Jika pada sebuah fungsi digunakan imbuhan me-, selanjutnya imbuhan yang sama digunakan pada fungsi yang sama.
Contoh:
Hal yang mesti diperhatikan soal sampah adalah cara membuang, memilah, dan pengolahannya. (tidak efektif)
Hal yang mesti diperhatikan soal sampah adalah cara membuang, memilah, dan mengolahnya. (efektif) 

4. Ketegasan Makna

Tidak selamanya subjek harus diletakkan di awal kalimat, namun memang peletakan subjek seharusnya selalu mendahului predikat. Akan tetapi, dalam beberapa kasus tertentu, kalian bisa saja meletakkan keterangan di awal kalimat untuk memberi efek penegasan. Ini agar pembaca dapat langsung mengerti gagasan utama dari kalimat tersebut. Penegasan kalimat seperti ini biasanya dijumpai pada jenis kalimat perintah, larangan, ataupun anjuran yang umumnya diikuti partikel lah atau pun.

Contoh:
Kamu sapulah lantai rumah agar bersih! (tidak efektif)
Sapulah lantai rumahmu agar bersih! (efektif) 

5. Kelogisan Kalimat
Ciri-ciri kalimat efektif terakhir yang amat krusial menyangkut kelogisan kalimat yang kalian buat. Kelogisan berperan penting untuk menghindari kesan ambigu pada kalimat. Karena itu, buatlah kalimat dengan ide yang mudah dimengerti dan masuk akal agar pembaca dapat dengan mudah pula mengerti maksud dari kalimat tersebut.
Contoh:
Kepada Bapak Kepala Sekolah, waktu dan tempat kamu persilakan. (tidak efektif)
Bapak Kepala Sekolah dipersilakan menyampaikan pidatonya sekarang. (efektif)

Latihan :
Buatlah 5 contoh kalimat efektif !

Mata Pelajaran            : Matematika
Tema                          : Lingkaran
Sub Tema                   : Luas lingkaran

Lingkaran adalah bangun datar yang dibatasi oleh garis lengkung yang berpusat di satu titik.
jarak antara titik pusat lingkaran dengan garis pembatas lingkaran dinamakan dengan jari-jari atau sering disimbolkan dengan r. Sedangkan garis tengah lingkaran dinamakan dengan diameter atau D. Diameter merupakan 2 x jari-jari lingkaran.



Luas Lingkaran
Pembahasan selanjutnya adalah luas lingkaran. Luas lingkaran menyatakan bagian permukaan dari sebuah lingkaran ke dalam sebuah nilai.

     Contoh soal!
1. jika diketahui sebuah lingkaran mempunyai diameter 28 cm. Berapakah luas lingkaran tersebut?
Penyelesaian:
Diketahui:
d = 28 cm
d = 2 x r
r = d/2
r = 28/2
r = 14 cm
Ditanyakan: Luas lingkaran?
Jawab:

Luas = 22/7 × 14²
  = 22/7 x 196
  = 22 x 28 = 616 cm²
Jadi, luas lingkaran tersebut adalah 616 cm².
2. Sebuah lingkaran memiliki jari-jari sebesar 20 cm. Berapakah luas lingkaran tersebut?
Penyelesaian:
Diketahui:
r = 20 cm
Ditanyakan: Luas lingkaran?
Jawab:
Luas = π × r²
  = 3,14 × 400
  = 1256 cm²
Jadi, luas lingkaran tersebut adalah 1256 cm²

Tidak ada komentar:

Posting Komentar