Rabu, 24 Juli 2019


Hari/tanggal    :  25/7/2019
Mata pelajaran :     IPA, Bahasa Indonesia
Tema 1            :     Selamatkan mahluk Hidup
Sub Tema 2     :     Hewan Sahabatku
Pembelajaran   :     3
IPA
Tentukan  cara perkembangbiakan hewan dalam tabel seperti berikut !

No
Nama hewan
Cara Perkembang biakan
ovivar
vivivar
ovovivivar
1
Anjing



2
Bebek



3
Bunglon



4
Kambing



5
Kadal



6
Cicak



7
Kelinci



8
Kupu-kupu



9
Sapi



10
Ular pucuk





Bahasa Indonesia

Menentukan Gagasan Pokok pada Teks yang Dibacakan

gagasan pokok paragraph terletak pada kalimat pokok atau kalimat utama.
Cara menentukan gagasan pokok yang dibacakan :

1. Mendengarkan dengan saksama setiap kalimat dari teks yang dibacakan.
2. Menuliskan kata kunci dari teks yang dibacakan.
3. Menentukan kalimat pokok paragraf.
4. Menentukan gagasan pokok paragraf dengan menjawab pertanyaan "apa yang sedang dibahas?"

1.      Jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di berbagai  negara, salah satunya di Indonesia. Di Indonesia, penduduk Pulau Madura menjadikan jagung sebagai makanan pokoknya. Jagung merupakan salah satu tanaman penghasil karbohidrat yang sangat diperlukan oleh tubuh. Ide pokok pada paragraf diatas adalah ...
a.  jagung merupakan tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di Indonesia
c.  jagung menjadi makanan pokok penduduk Madura
b.  jagung merupakan salah satu tanaman penghasil karbohidrat yang sangat tidak diperlukan oleh tubuh
d.  jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di berbagai negara


2.     
Ide pokok yang terdapat pada paragraf diatas yaitu ...
a.  padi merupakan hasil utama pertanian di Vietnam
c.  industri di Vietnam meliputi meliputi tekstil, semen, pupuk, kaca dan ban
b.  perekonomian sebagian besar penduduk Vietnam
d.  terdapat dua sungai penting, yaitu sungai Mekong dan sungai Songka



















Hari/tanggal    :     25 /7/2019
Mata pelajaran :     PKN, Bahasa Indonesia
Tema 1            :     Selamatkan mahluk Hidup
Sub Tema 2     :     Hewan Sahabatku
Pembelajaran   :     4

Perilaku disekolah yang sesuai dengan sila ke empat pancasila
1.             Mengikuti pemilihan ketua kelas dengan tertib.
2.             Mendengarkan ketika teman menyampaikan pendapat.
3.             Melakukan musyawarah untuk menentukan jadwal piket.
4.             Melakukan musyawarah sebelum membeli perlengkapan kelas.
5.             Melaksanakan hasil musyawarah kelas dengan bertanggung jawab.
6.             Menghindari memaksakan kehendaksaat mengikuti musyawarah kelas.


Perilaku dirumah yang sesuai dengan sila ke empat pancasila
1.             Melakukan musyawarah saat menentukan tugas rumah.
2.             Menanggapi kritik dan saran dari anggota keluarga dengan sopan.
3.             Memberikan kritik dan saran kepada anggota keluarga dengan sopan.
4.             Menyampaikan pendapat disertai alasan yang masuk akal dan santun.
5.             Menaati aturan yang telah disepakati warga di lingkungan sekitar rumah.
6.             Menghargai perbedaan pendapat antarwarga di lingkungan sekitar rumah.

Jawablah pertanyaan dibawah ini!

1.     Dengan musyawarah berarti kita telah mengamalkan pancasila sila ke  . . . .
2.     Para siswa bergotong royong merapikan kelas,kegiatan siswa tersebut  merupakan contoh pengamalan pancasila sila ke  . . . .
3.       Pak Pras ingin mendirikan peternakan kambing di lahan miliknya yang berada di desa Sukamakmur. Pak Pras mengumpulkan warga sekitar lahan miliknya untuk meminta pendapat terkait hal tersebut. Warga ternyata tidak menyetujui adanya peternakan kambing di dalam wilayah dalam desa. Pak Prass pun menerima keputusan warga dengan bijaksana. Sikap Pak Prass tersebut mencerminkan sila keempat pancasila yaitu ....
a. Bermusyawarah dan mementingkan dirinya sendiri
b. Bermusyawarah dan menjaga persatuan warga
c. Bermusyawarah dan tidak memaksakan keinginan pribadi
d. Bermusyawarah dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada

Menentukan Kesimpulan dari Teks Laporan Hasil Pengamatan

Cara menentukan kesimpulan dari teks yang dibacakan !
1. Mendengarkan teks yang dibacakan secara saksama.
2. Menemukan informasi penting yang terdapat pada teks.
3. Menghubungkan gagasan pokok dan informasi yang diperoleh menjadi satu pernyataan.

Matematika

1.      Hasil dari -15 + 9 adalah . . . .
            a. -24                                                   c. 6
            b. -6                                                     d. 24

2.       Hasil dari -23 + (-11) adalah . . . .
            a. -34                                                   c. 12
            b. -12                                                   d. 34

3.       Hasil dari -20 – (-38) adalah . . . .
            a. -58                                                   c. 58
            b. -18                                                   d. 18

4.      -8 x 6 = n; nilai n adalah . . . .
         a. -48                                                      c. 42
         b. -65                                                      d. 48

5. Suhu di sebuah puncak gunung pada siang hari 60 C. Pada malam hari suhunya 
      turun 150 C. Berapa 0C suhu di puncak gunung tersebut pada malam hari?

6 Suhu dalam lemari es pada saat dinyalakan adalah -50 C. Setelah mesin dimatikan
      suhunya naik 180 C. Berapa 0C suhu dalam lemari es setelah mesinnya dimatikan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar