Rabu, 07 Agustus 2019

Hari/Tanggal                :       Jumat, 8 Agustus  2019
Mata pelajaran            :       Matematika
Materi                          :       Pecahan
Pertemuan                   :       2

Cara Mengurutkan Pecahan
Menyamakan penyebut -> Mengurutkan pembilang.
Urutan pembilang = Urutan pecahan.
Contoh:
 Contoh Soal dan Pembahasan
1.   Perhatikan gambar di bawah!
Nilai pecahan yang ditunjukkan daerah arsiran adalah...
a. 1/4
b. 1/3
c. 2/6
d. 6/2
Jawab:
Ada 2 kotak yang diarsir dari 8 kotak dengan bagian yang sama, maka bilangan pecahannya , kemudian disederhanakan dengan dibagi 2 (FPB dari 2 dan 8) sebagai berikut:
 
 2. Perhatikan pecahan berikut:
Urutan pecahan dari yang terkecil ke yang terbesar adalah...
 
 Jawab:
8/9 disederhanakan dulu menjadi 2/3. Kemudian, cara mengurutkan:
  • Langkah pertama, menyamakan penyebut:
KPK dari 4,5,7,9 adalah 22 x 3 x 5 x 7 = 420
  • Langkah kedua, membandingkan pembilang
  •  
 Maka, urutannya dari yang terbesar: 3/4, 5/7, 6/9, 3/5 (jawaban C).

BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!

1.    Pecahan 215 , 39  dan  25100 dan jika diurutkan dari yang paling kecil adalah ....
a. 
15 ,  25100 , 39  , 2
b. 
215 ,  25100 3   
c. 
1239  , 25100 
d. 
25100 2315

2. Pecahan 
212 18 , 315 dan 12  jika diurutkan dari yang paling besar adalah ....
a. 
315 212 18 , 12

b.  
18 , 1315  ,  212   
c.  
212 , 18 , 315 , 1 
d. 
1315 212 , 18

3. Andi membeli 
1 Kg jeruk, Deni 28 Kg jeruk dan Budi seberat 310 Kg. Urutan berat buah jeruk dari ketiganya dari yang paling kecil adalah ....
a. Deni, Budi, Andi  
b. Andi, Deni, Budi
c. Budi, Deni, Andi
d. Andi, Budi, Deni

4. Waktu yang diperlukan Sinta untuk berangkat sampai ke sekolah adalah 
12  jam, Sania butuh waktu 13  jam, Rani butuh waktu 16  jam dan Ayuk butuh waktu 45  jam. Maka jika mereka berangkat pada jam yang sama, maka yang dahulu sampai ke sekolah adalah ....
a. Sinta  
b. Sania  
c. Rani  
d. Ayuk




Hari/ Tanggal   : Jumat/  9 Agustus 2019
Tema 2            : PersatuanDalamPerbedaan
Sub Tema 1     : RukunDalamPerbedaan
Pembelajaran  : 3
Muatan            : IPA dan Bahasa Indonesia

Materi IPA
1. Cara Tumbuhan menyesuaikan diri terhadap lingkungan
Adaptasi adalah cara makhlukhidup menyesuaikan diri terhadap lingkungan.  Tujuan adaptasi adalah untuk memepertahankan hidup. 

1.  Teratai

    Lingkungan hidup teratai adalah di air. Untuk menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan tersebut, teratai memiliki daun yang lebar dan tipis agar penguapan air dapat terjadi dengan mudah. Teratai memiliki batang yang berongga yang memungkinkan teratai untuk bernafas meskipun akar dan batangnya berada di dalam air
    1. Pohon Jati
    Saat musim kemarau, pohon jati menyesuaikan dirinya dengan cara menggugurkan daun-daunnya. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penguapan yang berlebihan yang dapat mengakibatkan pohon jati kekurangan air dan mati. Selain pohon jati, contoh tumbuhan lain yang menggugurkan daunnya saat musim kemarau adalah pohon mahoni dan kedondong.
    1.    Kaktus
    Lingkungan hidup kaktus adalah di tanah kering seperti gurun. Oleh sebab itu, tanaman kaktus harus menyesuaikan dirinya dengan kondisi lingkungan yang panas dan kering dengan cara memiliki daun yang kecil-kecil seperti duri yang berfungsi untuk mengurangi penguapan air. Selain itu, ia memiliki batang tebal berair dan berlapis lilin untuk menyimpan persediaan air dan juga akar yang panjang untuk mencari air di tanah. Pada saat kekeringan, kaktus akan menggunakan cadangan makanan yang tersimpan di batangnya.
    1.    Eceng Gondok
    Eceng gondok hidup mengapung di atas permukaan air. Untuk dapat menyesuaikan diri, ia memiliki batang yang menggembung berisi rongga udara seperti spons sehingga dapat mengapung di atas air.
    1.    Bakau
    Bakau merupakan tumbuhan yang memiliki lingkungan hidup di air asin. Untuk menyesuaikan diri, akar bakau menyaring sebagian besar garam dari air yang diserap dan sisa kelebihan garam lainnya dikeluarkan melalui permukaan daun dan batang. Ia memiliki akar khusus yang muncul ke permukaan air saat air surut yang mampu menyerap udara oksigen dan menyalurkannya kebagian akar yang ada di dalam lumpur. Akar yang menyerap oksigen ini disebut akar napas atau pneumatofora.
    1.    Pohon Cemara
    Untuk beradaptasi dengan lingkungannya, pohon cemara menggunakan daunnya yang runcing. Daun berbentuk runcing tersebut berguna untuk mengurangi penguapan yang terjadi.

    Cara TumbuhanMelindungiDiri
    Berikutbeberapacontohpenyesuaiandiri yang dilakukantumbuhanuntukmelindungidiri:
    1. Memilikiduri
    Beberapatumbuhanmemilikiduri pada batangataubuahuntukmelindungidiridaripemangsa.  Misalnyatumbuhanmawar, bugenvil, rotan, kaktus, salak, putrimalu, dan durian.  Ada pula tumbuhan yang memilikiduri pada buahnyamisalnya durian.


    2. memilikiRambutHalus
    Beberapatumbuhanseperti bamboo, jagung, terung dan tebumemilikirambuthalus di permukaanbatangmaupundaunnya. Salah satufungsirambuthalustersebutadalahdapatmenimbulkan rasa gatalbiladisntuh oleh pemangsa.
      
    3. Daun yang tajam
    Nanas, lidahbuaya dan kaktusmemilikidaun yang tajam dan berduridibagiantepinya.  Hal ini juga bertujuanuntukmelindungidiridaripemangsa.

       
    4. Menghasilkangetah
    Tumbuhansepertiswo, karet, papaya manga, patahtulang dan Nangka silkangetahjikatergores.                 
     

    5. menghasilkanracun
    Contoh tumbuhan yang menghasilkan racun adalah jarak dan kecubung. Buah jarak mengandung racun yang dapat mematikan bagi hewan yang memakannya. Kecubung juga mengandung racun.  Efek yang ditimbulkan jika dikonsums ianataralain mual, muntah, sesaknafas, rasa gelisah, mulut terasa kaku dan halusinasi.  Hati-hati jangan sampa imenkonsumsi buah-buahan tersebut.
                

    Kerjakan soal berikut!
    1.    Contoh tumbuhan yang memilikiduri pada batanguntukmelindungidiriadalah….
    2.    Duri pada tumbuhankaktusberfungsiuntuk…
    3.    Tumbuhan bamboo memiliki…. Pada batangnya
    4.    Peranan getah pada tumbuhan kareta dalah…
    5.    Bentukperlindungan diri yang dimiliki oleh kecubungadalah…
    6.    Pilihlah satu jenis tumbuhan untuk kamu amati terkait habitat dan cara
    melindungi diri!  Dengan menggunakan peta pikiran



    Bahasa Indonesia

    Buatlah peta pikiran dari materi ciri khusus salah satu tumbuhan 

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar