Selasa, 13 Agustus 2019

RINGKASAN MATERI PEMBELAJARAN
Hari/Tanggal   :  Rabu, 14 Agustus 2019
Tema 2            : Persatuan dalam Perbedaan
Sub Tema 1     : Rukun dalam Perbedaan
Pembelajaran    : 5 (enam)
Muatan PB      : Bahasa Indonesia, PPKn

 Rangkuman Bahan Ajar Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 Rukun Dalam Perbedaan

Penerapan makna proklamasi kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari !

Contoh penerapan makna proklamasi kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan Rumah.
1.    Berusaha menjadi anak yang shalih shalihah atau menjadi anak yang dekat kepada agama serta berbakti kepada ke dua orangtua.
2.    Mengajarkan nilai-nilai religius akan Ketuhanan Yang Esa.
3.    Tidak bersikap sewenang-wenang terhadap adik sendiri.
4.    Bertingkah penuh sopan dan santun terhadap orangtua.
5.    Tidak mudah bertengkar di dalam rumah.
6.    Senantiasa menjaga amarah dan emosi.
7.    Tidak memaksakan anggota keluarga yang lain untuk berperilaku di luar kemampuannya.
8.    Menjadi kepala keluarga yang penuh tanggung jawab dan kasih sayang.
9.    Menghargai seluruh hak-hak setiap komponen keluarga.
10. Menjalankan kewajiban di rumah sebaik mungkin.

Contoh penerapan makna proklamasi kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan Sekolah.

1.    Mengajak teman untuk shalat berjamaah.
2.    Saling menghormati teman yang berbeda agama.
3.    Gemar membantu teman-temannya yang berada dalam kesusahan.
4.    Mentraktir teman untuk makan di kantin.
5.    Berteman dengan siapa saja.
6.    Menghindari perbuatan tawuran antar sekolah.
7.    Melakukan musyawarah OSIS dengan musyawarah.
8.    Memilih pengurus-pengurus kelas secara arif.
9.    Menjadi ketua kelas yang amanah dalam mengemban tugas.
10. Bersikap adil terhadap junior kelas.


Contoh penerapan makna proklamasi kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan Masyarakat.

1.    Menjaga keharmonisan antar umat beragama.
2.    Membiarkan orang lain menjalankan kepercayaan dan keyakinannya sendiri.
3.    Membela orang-orang yang ditindas.
4.    Menegakan HAM sesuai porsinya.
5.    Tidak menciptakan kelompok-kelompok yang dapat menyebabkan disintegrasi nasional.
6.    Menempatkan kepentingan bangsa di atas kepentingan individu maupun kelompok.
7.    Melakukan Pemilu dan Pilkada.
8.    Tidak melakukan Black Campaign.
9.    Menjadi penguasa yang pro rakyat bukan justru pro terhadap asing maupun
10. Hidup sewajarnya saja tidak berlebihan.


SBDP
Pola Lantai Vertikal (Lurus)
Tari klasik banyak memakai pola lantai vertikal. Penari membentuk garis vertikal, yaitu garis lurus dari depan ke belakang atau sebaliknya. Pola lantai ini memperlihatkan kesan sederhana, Pola Lantai
Contoh : Tari Yospan dari  Papua.  Tari Serimpi dari Jawa Tengah dan Tari Baris Cengkedan dari Bali.
Diagonal
Penari berbaris membentuk garis menyudut ke kanan atau ke kiri.tetapi kuat. pola Tari Gending Sriwijaya, Sumatra Selatan
Pola Lantai Garis Melengkung
Penari membentuk garis lingkaran. Tari rakyat dan tari tradisional banyak memakai pola ini. Pola lantai ini memberi kesan lemah dan lembut.
Contoh : Tari Ma’badong, Toraja, Sulawesi Selatan dan Tari Randai, Sumatra Barat.


Tari tunggal

Adalah kesenian dalam bentuk tarian yang diperagakan oleh satu orang penari. Dalam jenis tarian ini para penari biasanya berperan menggambarkan atau menyampaikan karakter seseorang atau makhluk hidup lain seperti binatang. Selain dikenal dengan tari tunggul kesenian yang memperlihatkan kebolehan seseorang dalam menggerakkan anggota badan ini juga kerap disebut dengan tarian solo yang berarti sebuah tari yang dimainkan oleh satu penari
Contoh :
Tari Pendet
Tari Persembahan
Tari Merak
Tari Mani Poreng
Tari Kancet Ledo
Tari Golek Kanya
Tari Gambyong
Tari Dewa Memanah
Tari Batek Baris
Tari Gandrung
Tari Leleng
Tari Kancet lasan
Tari Hudoq
Tari Taledhek
Tari Srimpi
Tari Golek manis
Tari Kancet Papatai
Tari Cokek

Tari Kelompok

Tari kelompok adalah sebuah kesenian tari yang diperankan/ diperagakan oleh tiga penari atau lebih. Gerakan penari yang satu dengan yang lain biasanya terlihat saling mendukung, tak heran juka dalam pertunjukan tari kelompok ini kekompakan para pemain sangat berpengaruh guna mewujudkan kesuksesan nya di atas panggung.
No
Nama Tarian
No
Nama Tarian
1
Tari Kuda Lumping
5
Tari Pongan
2
Tari Piring
6
Tari Bleg Dig Dot
3
Tari Kipas
7
Tari Ulo Uloan
4
Tari Saman
8
Tari Jaipong

Tari Berpasangan

Jika antara pengertian kedua tari di atas memiliki perbedaan yang cukup signifikan berbeda lagi dengan tarian yang satu ini. Pengertian tari berpasangan adalah kesenian tari yang diperankan/ diperagakan oleh sepasang penari. Dengan kata lain tari berpasangan merupakan jenis tarian yang dimainkan oleh 2 orang penari. Sementara dari sisi gerakan tarian para penari biasanya bergerak untuk saling mengisi serta saling merespon antara gerakan penari yang satu dengan gerakan penari pasangannya.

No
Nama Tarian
No
Nama Tarian
1
Tari Serimpi
5
Tari Zapin
2
Tari Katareje
6
Tari Serampang Dua Belas
3
Tari Bedhaya
7
Tari Golek Merak
4
Tari Gandrung
8
Tari Belian Senti




RINGKASAN MATERI PEMBELAJARAN


Hari/Tanggal   :  Rabu, 14 Agustus 2019
Tema 2            : Persatuan dalam Perbedaan
Sub Tema 1     : Rukun dalam Perbedaan
Pembelajaran   : 6 (enam)
Muatan PB      : Bahasa Indonesia, PPKn

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia
Menuliskan Informasi penting dalam Teks Sejarah
Setiap teks memiliki informasi penting. Informasi penting tersebut dapat diketahui dengan mengidentifikasi aspek apa, siapa, kapan, mengapa dan bagaimana.

Bacalah teks berikut !


Latief Hendraningrat termasuk golongan muda yang menjadi pemicu diproklamasikannya kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Menyerahnya Jepang kepada Sekutu sudah diketahui oleh kaum muda Indonesia pada 14 Agustus 1945 dari siaran radio. Para pemuda ini pun menuntut kepada Sukarno dan Hatta untuk secepatnya menyatakan kemerdekaan Indonesia.

Latief Hendraningrat menjadi orang PETA yang paling bertanggungjawab atas keamanan Jakarta saat itu. Ia menggantikan tugas atasannya, Kasman Singodimejo, yang sedang berada di Bandung (St Sularto & Dorothea Rini Yunarti, Konflik di Balik Proklamasi, 2010:104). 

Atas persetujuan Latief, “Operasi Rengasdengklok” bisa dilaksanakan. Berkat peran Latief dan para anggota PETA lainnya, proses dibawanya Soekarno-Hatta ke daerah di kawasan Karawang itu terhindar dari pantauan tentara Jepang (Her Suganda, Rengasdengklok, 2009:46). Dan itulah yang memicu proklamasi kemerdekaan RI lebih cepat diumumkan tanpa harus menunggu persetujuan dari Jepang.

Berdasarkan bacaan di atas, tulislah informasi penting pada peta pikiran !


Rangkuman Materi PKn
Pelaksanaan Nilai-nilai Persatuan dalam Perbedaan
Nilai-nilai persatuan dalam perbedaan perlu diterapkan dimana pun kita berada, baik di rumah, sekolah, maupun masyarakat.
Berikut contoh kegiatan pelaksanaan nilai-nilai persatuan dalam perbedaan di lingkungan masyarakat, yaitu :
a.      Membantu korban bencana alam tanpa melihat latar belakang mereka
b.      Mempersilakan orang lain untuk beribadah sesuai agamnya masing-masing
c.       Membantu tetangga yang kesusahan, meskipun berbeda suku atau agama
Manfaat jika kita menerapkan nilai-nilai persatuan dalam perbedaan di lingkungan masyarakat, yaitu :
a.      Kehidupan masyarakat menjadi aman, tentram, dan damai
b.      Masalah lebih cepat terselesaikan karena semua masyarakat bersatu
c.       Lebih banyak pendapat yang disampaikan ketika bermusyawarah
Contoh kegiatan pelaksanaan nilai-nilai persatuan dalam perbedaan yang bisa di lakukan di kelas, yaitu :
1.      Melakukan piket kelas bersama-sama
2.      Bermain dengan teman tanpa membeda-bedakan
3.      Membantu teman yang kesulitan memahami pelajaran
4.      Meminjami alat kepada teman yang membutuhkan
5.      Belajar bersama dengan membuat kelompok belajar
Manfaat jika kita menerapkan nilai-nilai persatuan di lingkungan sekilah, yaitu :
1.      Persahabatan semakin erat
2.      Membangun kekompakkan ketika olahraga
3.      Susana belajar saat di sekolah menjadi nyaman
4.      Dapat mengadakan musyawarah bersama
5.      Merasa aman saat berada di sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar