Senin, 18 November 2013

abstrak



ABSTRAK

PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN PEMBERIAN TUGAS DAN
KEMAMPUAN AWAL SISWA  TERHADAP
HASIL BELAJAR MATEMATIKA
(Kasus : siswa kelas V Semester Ganjil SD Al – Kautsar
Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011)

Oleh

ARMANSYAH


Pendekatan Matematika Realistik (PMR) merupakan suatu pendekatan yang menem­­pat­kan realitas dan pengalaman siswa sebagai titik awal pembelajaran dimana siswa diberi kesempatan untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuan matematika formal­nya melalui masalah-masalah realitas yang ada.  Dengan pendekatan ini, siswa terlibat aktif dalam pembe­­­lajaran sehingga mudah dalam menguasai konsep. Pembe­­­rian tugas akan lebih memantapkan penguasaan siswa terhadap konsep yang telah disampaikan dan melatih kemampuan yang mereka miliki.  Tujuan penelitian ini adalah untuk menge­tahui: (1) perbedaan hasil belajar mate­ma­­­tika antara siswa yang diajar dengan PMR tugas dan PMR tanpa tugas;
(2) perbe­­­­­daan hasil belajar matematika antara siswa PMR  kemampuan awal tinggi dan PMR  kemam­­­puan awal rendah; dan (3) ada tidaknya interaksi antara penggu­naan PMR dengan kemampuan awal siswa terha­dap hasil belajar mate­matika.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan disain faktorial 2 x 2.  Populasinya meliputi seluruh siswa kelas V semester ganjil SD Al – Kautsar Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011 yang terdiri dari 6 kelas.  Teknik pengambilan sampel dengan cara  kluster ran­dom sampling.  Sampel terbagi 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kontrol.  Pengum­­pulan data meng­gu­­­­­­­­­nakan teknik dokumen­tasi dan tes.  Teknik Ana­li­­­­sis data meliputi  uji prasyarat yaitu uji norma­li­tas dengan metode Chi – kuadrat dan uji homogenitas dengan metode Bartlett serta uji hipotesis dengan ana­­li­­sis variansi dua jalur.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) ada perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan PMR tugas dan PMR tanpa tugas;  (2) ada perbedaan hasil belajar matematika antara siswa PMR  kemampuan awal tinggi dan PMR  kemampuan awal rendah; dan (3) ada interaksi antara penggu­naan PMR dengan kemam­puan awal siswa terhadap hasil belajar mate­matika.

Kata kunci : Hasil belajar, kemampuan awal, PMR, tugas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar