ABSTRAK
PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN MATEMATIKA
REALISTIK DENGAN PEMBERIAN TUGAS DAN
KEMAMPUAN AWAL SISWA TERHADAP
HASIL BELAJAR MATEMATIKA
(Kasus : siswa kelas V Semester Ganjil SD Al –
Kautsar
Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011)
Oleh
ARMANSYAH
Pendekatan Matematika Realistik (PMR) merupakan
suatu pendekatan yang menempatkan realitas dan pengalaman siswa sebagai
titik awal pembelajaran dimana siswa diberi kesempatan untuk mengkonstruksi
sendiri pengetahuan matematika formalnya melalui masalah-masalah realitas yang
ada. Dengan pendekatan ini, siswa terlibat
aktif dalam pembelajaran sehingga mudah dalam menguasai konsep. Pemberian tugas akan
lebih memantapkan penguasaan siswa terhadap konsep yang telah disampaikan dan melatih
kemampuan yang mereka miliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar matematika
antara siswa yang diajar dengan PMR tugas dan PMR tanpa tugas;
(2) perbedaan hasil belajar matematika
antara siswa PMR kemampuan awal tinggi
dan PMR kemampuan awal rendah; dan (3) ada tidaknya
interaksi antara
penggunaan PMR dengan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar matematika.
Penelitian ini menggunakan metode
eksperimen dengan disain faktorial 2 x 2.
Populasinya meliputi seluruh siswa kelas V
semester ganjil SD Al – Kautsar Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011 yang
terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan
sampel dengan cara kluster random sampling.
Sampel terbagi 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan
kontrol. Pengumpulan data menggunakan
teknik dokumentasi dan tes. Teknik Analisis data meliputi uji prasyarat
yaitu uji normalitas dengan metode Chi – kuadrat dan uji homogenitas dengan
metode Bartlett serta uji hipotesis dengan analisis variansi dua jalur.
Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan: (1) ada perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang
diajar dengan PMR tugas dan PMR tanpa tugas; (2) ada perbedaan hasil belajar matematika
antara siswa PMR kemampuan awal tinggi
dan PMR kemampuan awal rendah; dan (3) ada
interaksi antara penggunaan PMR dengan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar matematika.
Kata kunci : Hasil belajar, kemampuan awal, PMR, tugas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar