Minggu, 12 Februari 2023

AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF

Nama : Armansyah, S. Pd

Calon Guru Penggerak angkatan 7

Kota Bandar Lampung 

 

AKSI NYATA

MODUL 1.4. BUDAYA POSITIF

 

A. Latar Belakang

Saat ini sekolah-sekolah harus mampu  membuat peserta didik antusias dan senang hati untuk bersekolah. Sekolahharus dapat  menerapkan budaya positif seperti murid terhindar dari segala macam bentuk bullying, penindasan, kekerasan dan pemaksaan sehingga pembiasaan positif dalam berperilaku akan menjadi budaya yang dapat mewujudkan sekolah yang harmonis.

Pada kenyataannya saat ini masih banyak sekolah yang masih menerapkan hukuman untuk memberikan efek jera kepada murid tanpa membuat kesepakatan Bersama sehingga merugikan murid. cara penertiban murid dengan bentakan dan kekerasan fisik yang sampai saat ini masih sangat sulit dihilangkan. tidak sedikit murid yang trauma karena tindakan kekerasan hukuman disekolah. bahkan sampai pindah sekolah karena merasa sekolah yang tidak menyenangkan dan tidak nyaman untuk belajar.

Budaya positif sangat penting dalam menciptakan pendidikan yang merdeka sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan meneurut Ki Hajar Dewantara yaitu untuk "menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi- tingginya" (Dewantara, 1961: 20). untuk menciptakan budaya positif maka perlu keterlibatan dan kolaborasi semua pihak warga sekolah serta sarana dan prasarana yang memadai untuk menunjang terciptanya budaya positif yang ada disekolah. budaya positif harus menjadi sebuah ciri khas sekolah dan menjadi sebuah iklim yang membudaya sehingga budaya tersebut terintegrasi dengan seluruh kegiatan yang ada disekolah seperti kegiatan didalam kelas maupun diluar kelas. Adapun bagaimana budaya positif dapat tumbuh dan tertanam dalam proses pembelajaran, bagaimana budaya positif dapat terbiasa dilakukan dalam semua kegiatan disekolah. Harapannya jika budaya positif mengakar dalam diri setiap peserta didik, maka akan tercipta karakter profil pelajar pancasila.


B. Tujuan

 

1.   Terwujudnya budaya positif dengan adanya keyakinan/kesepakatan kelas.

2.   Guru menggunakan segitiga restitusi untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ditemui disekolah.

3.   Membagikan pemahaman dan pengalaman budaya positif kepada rekan sejawat untuk Mewujudkan nilai-nilai karakter Profil Pelajar Pancasila pada Peserta didik.

 

 

C.  Tolak Ukur


1.      Peserta didik mampu menerapkan kesepakatan kelas yang sudah dibuat Bersama dan dipasang dinding kelas.

2.      Guru mampu menyelesaikan masalah Peserta didik dengan menggunakan segitiga restitusi.

3.      Semua Guru dapat menerakan budaya positif yang materinya sudah di terima dari kegiatan pengimbasan pemahaman dan pengalaman budaya positif oleh CGP untuk mewujudkan Peserta didik yang mengaplikasikan nilai-nilai profil pelajar pancasila.

 

D. Linimasa Tindakan Yang Dilakukan

Adapun langkah-langkah yang akan dilakukan:

1.      Guru menjelaskan tentang pengertian dan pentingnya kesepakatan kelas kepada peserta didik.

2.      Guru memfasilitasi peserta didik untuk membuat keyakinan/kesepakatan kelas.

3.      Keyakinan/Kesepakatan kelas yang telah disepakati dibaca kemudian dipasang di dinding kelas.

4.      Guru menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada Peserta didik dengan menggunakan segitiga restitusi.

5.      Guru meminta izin kepada kepala sekolah untuk melakukan kegiatan pengimbasan pemahaman dan pengalaman budaya positif kepada rekan guru lain, agar semua rekan guru paham dan mendukung program kegiatan sekolah tentang budaya positif

6.      Guru melakukan kegiatan pengimbasan pemahaman dan pengalaman budaya positif kepada rekan guru lain

7.      Menumbuhkan, menanamkan dan membiasakan nilai-nilai yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila pada peserta didik.

8.      Mendokumentasikan setiap kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan menumbuhkan, mencerminkan dan membiasakan nilai-nilai profil pelajar pancasila.


E. Dukungan yang dibutuhkan


1.      Orang tua di rumah dalam membiasakan budaya positif.

2.      Warga sekolah sebagai role model/ teladan bagi peserta didik dalam menanamkan budaya positif.

3.      Seluruh warga sekolah berkolaborasi, bergotong royong dan bergerak bersinergis dalam menciptakan serta membiasakan budaya positif di sekolah.

 

F. Hasil Aksi nyata


Link aksi nyata budaya positif yang sudah dilakukan disekolah :

https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/video/225382?from=share

Dokumentasi : 

1. Pengimbasan pemahaman dan pengalaman Budaya Positif  kepada rekan-rekan Guru


2. Pembuatan keyakinan kelas



3. Penerapan segitiga restitusi 


Rabu, 10 Februari 2021

Kamis, 11 Februari 2021

MATERI AJAR

Hari/Tanggal     : Kamis, 11 Februari 2021

Kelas/Semester : II (Dua) / 2

Tema 6 : Merawat Hewan dan Tumbuhan 

Sub Tema 1 : Hewan Disekitarku

Pembelajaran     : 1 & 2


Kompetensi Dasar :

B.Indonesia 3.7 dan 4.7, 

Matematika 3.6 dan 4.6, 

SBdP 3.2 dan 4.2

PKN 3.2 dan 4.2


TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Dengan menyanyikan lagu anak, siswa mampu membedakan panjang dan pendek bunyi pada lagu.

2. Dengan menyanyikan lagu anak, siswa mampu menyuarakan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak

3. Dengan membaca teks tentang hewan di sekitarku, siswa mampu mengidentifikasi penggunaan huruf kapital pada awal kalimat.

4. Dengan menyalin jawaban, siswa mampu menulis teks dengan huruf tegak bersambung sesuai aturan penulisan yang tepat. 

5. Dengan mengamati gambar alat timbangan, siswa dapat menyebutkan satuan baku untuk ukuran berat (gram, ons, dan kilogram)

6. Dengan menimbang berat berbagai benda, siswa dapat mengukur berat benda dengan satuan gram, ons, dan kilogram.


Assalamualaikum

Selamat pagi anak soleh dan solehah?

Apa kabar hari ini?

Semoga semua selalu sehat. ..  Ayo anak pak guru, segara mandi, setelah itu siapkan untuk belajar.

Kita mulai daring kita hari ini ya nak! 

Sebelumnya kita simak dahulu Video Pembelajaran berikut ini: 

Video pembelajaran


Ringkasan materi yang dapat dipelajari hari ini tentang Hewan di Sekitarku adalah sebagai berikut : 

Bacapah teks berikut !

Lani dan Siti, sedang bermain di kebun belakang rumah Lani.

Di kebun belakang rumah Lani tumbuh berbagai tanaman bunga.

Bunga-bunga bermekaran.Tampak kupu-kupu terbang ke sana kemari.

Tidak jauh dari taman bunga, terdapat kandang ayam.

Lani dan keluarganya memelihara ayam.

Di dekat kandang ayam, terdapat satu kandang kelinci.

Lani juga memelihara kelinci.

Di bagian manakah huruf kapital digunakan pada teks tersebut?

Jawab:Huruf kapital digunakan pada ___________




Lagu tersebut dapat dinyanyikan dengan memperhatikan panjang dan pendek bunyi.

Bunyi panjang ditandai dengan ____.

Bunyi pendek ditandai dengan •


AYO MENGAMATI

Di kebun belakang terdapat beberapa timbangan .

Alat-alat tersebut digunakan untuk menimbang telur ayam dan daging ayam.

Pada alat timbangan tersebut, tertulis huruf G, KG, dan Ons

G berarti gram , KG berarti kilogram. Gram, kilogram, dan ons merupakan satuan baku untuk mengukur berat.

Ayam dipelihara untuk dimanfaatkan daging dan telurnya.

Daging ayam dijual dalam kemasan setelah ditimbang.

Telur ayam dijual dalam kemasan setelah ditimbang.

Berat 1 kilogram = 1.000 gram

Berat 1 kilogram = 10 ons

Berat 1 ons = 100 gram


AYO MEMBACA

Mengerjakan tugas sekolah termasuk tata tertib yang harus ditaati ketika mengikuti pelajaran.


CONTOH SOAL

1. Apa saja satuan untuk mengukur berat benda? 

Jawab  : KG, Gram dan Ons


2. Ibu membeli 5 Kg telur. Berapa Ons berat telur  yang dibeli ibu?

Jawab  :  5 Kg = 5 x 10 = 50 ons 


LATIHAN

Jawablah pertanyaan di bawah ini ya dengan teliti ya , 

Selamat mengerjakan  !!

1. Sebutkan 2 contoh hewan peliharaan?

2.  Huruf kapital digunakan  pada?

3. Sebutkan contoh tata tertib yang ada di sekolah?

4. Lagu Ayamku diciptakan oleh? 

5. 2Kg = ……. gram 

Senin, 10 Februari 2020


MATERI AJAR KELAS 6

Hari/ Tanggal              :    Selasa,  11 Februari 2020
Mata Pelajaran            :   IPA
Materi                          :   Prediksi Soal UN

1. Rantai makanan yang terjadi pada ekosistem kebun ialah…
a. bayam > ayam > belalang > ular
b. wortel > tikus > kelinci > elang
c. rumput > kucing > ayam > musang
d. sawi > belalang > burung kutilang > ular
2. Bentuk adaptasi tumbuhan teratai ialah..
a. daun tebal dan batang beruas
b. akar lebat dan tangkai daun berongga
c. daun majemuk dan akar tunggang
d. akar serabut dan batang beruas
3. Tumbuhan paku yang tumbuh menempel pada pohon kelapa membentuk simbiosis.
Hal ini terjadi dikarenakan…
a. tumbuhan paku memperoleh tempat hidup sedangkan pohon kelapa tidak diuntungkan atau dirugikan
b. pohon kelapa mengambil zat hara dari tanaman paku sedangkan tumbuhan paku mendapatkan tempat hidup
c. pohon kelapa mmendapatkan cadangan air dari tumbuhan paku sedangkan tumbuhan paku tidak diuntungkan atau dirugikan
d. tumbuhan paku menyerap zat hara pohon kelapa sedangkan pohon kelapa dirugikan.
4.Tumbuhan jangung menggulung daun saat musim kemarau. Hai ini bertujuan untuk mengurangi penguapan air. Tumbuhan lain yang mempunyai cara adaptasi adalah…
a. Tebu dan pisang
b. tebu dan nangka
c. padi dan pisang
d. padi dan tebu
5. Gajah melakukan aktivitas berkuang (mengeluarkan suara) bertujuan untuk….
a. mengelabuhi dan menakuti musuh.
b. melindungi dari gigitan serangga dan melakukan penyamaran
c. menurunkan suhu tubuh dan melindungi diri dari gigitan serangga.
d. menurunkan suhu tubuh dan menguatkan kulit


URAIAN

6. Dalam suatu ekosistem terdapat bakteri pengurai, ulat, rumput, dan burung. Jika populasi burung berkembang pesat. Bagaimanakah kemungkinan yang terjadi dalam ekosistem tersebut?

7.  
Jelaskan aliran peredaran darah besar!

8. Jelaskan penyebab besi yang berada di udara terbuka dapat berkarat meski tidak terkena hujan!

9. Seorang pemain kasti memukul bola yang dilempar oleh pemain lawan. Jelaskan pengaruh gaya pada bola tersebut!

10. Program corblok dan pengaspalan yang dilakukan di suatu daerah akan membawa dampak negatif bagi proses daur air. Jelaskan menurut pendapatmu!

Minggu, 09 Februari 2020

MATERI AJAR KELAS 6

Hari/ Tanggal              :    Senin,  10 Februari 2020
Mata Pelajaran            :   Matematika
Materi                          :   Prediksi Soal UN


1.Hasil 3.444 + 2.678 – 3.446 = ….
A. 2.786
B. 2.676
C. 2.576
D. 2.566

2. Hasil 4.896 : 12 x 8 = ….
A. 51
B. 384
C. 3.204
D. 3.264

3. Hasil 24 pangkat tiga  = ….
A. 13.824
B. 13.584
C. 13484
D. 12.724

4. Hasil -344 + (-268) – 146 = ….
A. -506
B. -516
C. -748
D. -758

5. Hasil √9.216 – √5.184 : √144 = ….
A. 2
B. 13
C. 86
D. 90

6. KPK dari 39, 63, 84 adalah ….
A.  22 x 32 x 7 x 13
B.  2 x 32 x 7 x 13
C.  22 x 3 x 7 x 13
D.  2 x 3 x 7 x 13

7. Sebuah taman berbentuk persegi panjang. Panjang taman 288 meter dan lebar setengah dari panjangnya. Di sekeliling taman tersebut diletakkan lampu penerangan. Jarak antar lampu penerangan 24 meter. Jarak 4 meter dari tepi luar, diletakkan tempat duduk. Jarak antar tempat duduk 16 meter. Selisih banyak lampu penerangan dengan tempat duduk ada ….
A. 16 buah
B. 17 buah
C. 36 buah
D. 52 buah
9. Bakso dalam kulkas bersuhu 8oC di bawah nol. Setelah dimasak dalam air mendidih selama 45 menit, suhu bakso tersebut naik 95oC. Saat dihidangkan suhu bakso turun 27oC. Selisih suhu bakso saat dalam kulkas dan saat dihidangkan adalah ….
A.  52oC
B.  60oC
C.  68oC
D.  76oC

10. Pak Bondan memelihara kambing 24 ekor dan ayam 32 ekor lebih banyak dari kambing. Perbandingan kambing
dengan ayam yang dipelihara Pak Bondan adalah ….
A.  3 : 4
B.  3 : 7
C.  3 : 10
D.  4 : 10

11. Pekan olahraga daerah diikuti lima daerah kabupaten dari DIY. Peserta dari Gunungkidul 15%, Kota Madya ¼,
Bantul dan Sleman masing-masing 0,15. Selebihnya Kulon Progo. Peserta dari Kulon Progo dan Bantul ada ….
A.  12%
B.  30%
C.  37,5%
D.  45%

12. Hasil 2.456 – 1.632 : 8 + 24 x 6 = ….
A.  762
B.  2.396
C.  2.549
D.  2.576

13. Ibu Sardi memiliki gelas 3,25 gross lebih 8 buah. Untuk keperluan acara pernikahan anaknya, bu Sardi meminjam gelas 16 lusin. Banyaknya seluruh gelas yang ada pada bu Sardi ada … biji.
A.  650
B.  658
C.  660
D.  668

14. Doni menyelesaikan lomba MIPA selama 3 jam 12 menit 24 detik, sedangkan Ari menyelesaikan lomba MIPA selama 1 jam 46 menit 48 detik. Selisih waktu menyelesaikan lomba MIPA Doni dengan Ari adalah ….
A.  01.25.36
B.  01.26.46
C.  01.35.36
D.  01.36.46

15. Perhatikan gambar berikut!
Lingkaran
Keliling bangun tersebut adalah ….
A.  78,5 cm
B.  157,0 cm
C.  1.962,5 cm
D.  3.925,0 cm

16. Hasil 10,03 km – 2,8 hm + 37 dam = … hm
A.  100,2
B.  101,2
C.  110,2
D.  111,2

17. Jarak rumah Risti ke sekolah ada 0,8 km. Risti berangkat ke sekolah dari rumah bersepeda dengan kecepatan rata-rata 12 km/jam. Ia tiba di sekolah 19 menit sebelum bel masuk berbunyi. Sekolah masuk pukul 07.00. Ia berangkat dari rumah pukul ….
A.  06.01
B.  06.11
C.  06.37
D.  06.41

18. Sebuah kayu berbentuk balok. Panjang balok tersebut adalah 78 cm, lebar 16 cm, dan tinggi dua kali lebarnya. Luas permukaan kayu tersebut adalah ….
A.  39.936 cm2
B.  19.968 cm2
C.  8.512 cm2
D.  4.256 cm2

19. Berat sebuah truk tanpa muatan 1,8 ton. Truk tersebut mengangkut beras 32,7 kuintal. Beras tersebut diturunkan di toko sembako 1.750 kg. Beras yang masih termuat di truk tersebut ada ….
A.  1.520 kg
B.  1.800 kg
C.  3.270 kg
D.  3.320 kg

20. KLMN adalah sebuah bangun datar trapesium sama kaki. Titik K terletak pada koordinat (-3,4), titik L (1,4), titik
M(4,1). Titik N terletak pada koordinat ….
A.  (-6,1)
B.  (1,-6)
C.  (-6,-1)
D.  (-1,-6)

Kamis, 06 Februari 2020


MATERI AJAR KELAS 6

Hari/ Tanggal              :    Jumat, 7 Februari 2020
Mata Pelajaran            :   Matematika
Materi                          :   Prediksi Soal UN


1.Hasil 3.444 + 2.678 – 3.446 = ….
A. 2.786
B. 2.676
C. 2.576
D. 2.566

2. Hasil 4.896 : 12 x 8 = ….
A. 51
B. 384
C. 3.204
D. 3.264

3. Hasil 24 pangkat tiga  = ….
A. 13.824
B. 13.584
C. 13484
D. 12.724

4. Hasil -344 + (-268) – 146 = ….
A. -506
B. -516
C. -748
D. -758

5. Hasil √9.216 – √5.184 : √144 = ….
A. 2
B. 13
C. 86
D. 90

6. KPK dari 39, 63, 84 adalah ….
A.  22 x 32 x 7 x 13
B.  2 x 32 x 7 x 13
C.  22 x 3 x 7 x 13
D.  2 x 3 x 7 x 13

7. Sebuah taman berbentuk persegi panjang. Panjang taman 288 meter dan lebar setengah dari panjangnya. Di sekeliling taman tersebut diletakkan lampu penerangan. Jarak antar lampu penerangan 24 meter. Jarak 4 meter dari tepi luar, diletakkan tempat duduk. Jarak antar tempat duduk 16 meter. Selisih banyak lampu penerangan dengan tempat duduk ada ….
A. 16 buah
B. 17 buah
C. 36 buah
D. 52 buah

9. Bakso dalam kulkas bersuhu 8oC di bawah nol. Setelah dimasak dalam air mendidih selama 45 menit, suhu bakso tersebut naik 95oC. Saat dihidangkan suhu bakso turun 27oC. Selisih suhu bakso saat dalam kulkas dan saat dihidangkan adalah ….
A.  52oC
B.  60oC
C.  68oC
D.  76oC

10. Pak Bondan memelihara kambing 24 ekor dan ayam 32 ekor lebih banyak dari kambing. Perbandingan kambing
dengan ayam yang dipelihara Pak Bondan adalah ….
A.  3 : 4
B.  3 : 7
C.  3 : 10
D.  4 : 10