Hari/ tanggal : senin, 22 Juli 2019
Kelas : VI
Semester : I
Jam Perte muan
|
Kompetensi Dasar
|
Tujuan PembelaJaran
|
Langkah-langkah pembelajaran
|
Sumber
pembelajaran/alat peraga
|
Instrument
penilaian
|
Keterangan
|
|
IPS
3.1 Mengidentifikasi
karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di
wilayah ASEAN.
3.1.1 menyebutkan kehidupan sosial budaya dari dua negara terkait
kondisi geografisnya dengan benar.
4.1 Menyajikan
hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya,
ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN.
4.1.1 menulis laporan tentang perbedaan sosial budaya dari dua negara
terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.
SBDP
3.4 Memahami
patung
3.4.1 menemukan cara membuat patung dengan tepat.
4.4 Membuat
patung.
4.4.1 membuat patung dengan
lebih terampil.
MTK
3.3 Menjelaskan
dan melakukanoperasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan
dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.
3.3.1 Menentukan
bentuk operasihitung campuran
4.3 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan
cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam berbagaibentuk sesuai urutan operasi.
4.3.1 Menyelesaikan soal denganbentuk operasi
hitung campuran
|
·
Setelah membaca teks tentang ASEAN dan kondisi
geografisnya, siswa mampu menyebutkan kehidupan sosial budaya dari dua negara
terkait kondisi geografisnya dengan benar.
·
Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan tentang
perbedaan sosial budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan
benar melalui diagram Venn.
·
Setelah melakukan uji coba dengan bahan patung, siswa
mampu menemukan cara membuat patung dengan tepat.
·
Dengan menggunakan bahan tanah liat, lilin malam, atau
adonan, siswa mampu mencoba membuat patung dengan lebih terampil.
1. Setelah membaca soal cerita, siswa mampu
menentukan bentuk operasihitung campuran dengan benar.
2. Setelah membaca soal cerita, siswa mampu
menyelesaikan soal denganbentuk operasi hitung campuran dengan benar.
|
· Di awal pembelajaran, guru meminta siswa untuk melanjutkan
pekerjaan mereka terkait negara ASEAN. Siswa membuka kembali catatan yang ada
pada diagram Venn-nya.
·
Guru mengingatkan siswa untuk membaca informasi
terlebih dahulu tentang kondisi geografis negara ASEAN. Kemudian guru
menawarkan siswa untuk mencari informasi lebih dari guru atau bahan bacaan
lain apabila tersedia.
·
Guru menunjukkan daftar periksa yang akan digunakan
untuk menilai pekerjaan siswa.
· Guru kemudian
mengajak siswa untuk berdiskusi tentang hasil pekerjaannya. 4C(Communication,
Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity
and Innovation).
· Apabila di pembelajaran dua siswa sudah dapat membuat patung
dengan baik, maka siswa dapat mencoba membuat patung dengan bentuk lainnya.
Mandiri (kerja keras, kreatif, disiplin, berani, rajin belajar)
· Guru mengingatkan siswa bahwa membuat patung dibutuhkan
kelenturan tangan yang baik dan kesabaran serta kedisiplinan.
· Guru berkeliling kelas untuk mengamati kegiatan siswa dan
memberikan bantuan apabila mereka membutuhkan.
§
Setelah selesai
dengan kegiatan, siswa diingatkan untuk menjaga kebersihan dan mengembalikan
pekerjaannya pada tempat semula. Setiap soal dinilai oleh guru.
§
Setiap soal dinilai oleh guru.
§
Setelah dinilai, guru meminta siswa untuk
mendiskusikan jawabannya dengan teman sebelah atau satu kelompok. Guru
memberikan penguatan terhadap konsep operasi hitung campuran yang ada.
Collaboration
Guru melakukan penilaian terhadap satu kelompok saat mereka
berdiskusi. Saat menilai, guru menggunakan rubrik. Siswa yang belum dinilai
pada kesempatan ini dapat dinilai saat mereka melakukan diskusi di kesempatan
lain. Rubrik ada di halaman penilaian.
§
Guru melakukan hal yang sama terhadap
soal berikutnya.
§
Siswa melakukan perenungan dengan
menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa. Mandiri
§ Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang
terdapat pada lampiran di Buku Guru.
|
·
Trie Hartiti Retnowati,
Dkk., Buku Guru dan Buku Siswa, Tema 1 : Selamatkan
Makhluk Hidup., Cetakan Ke-2 (Edisi Revisi), Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2018.
·
Bahan membuat patung yang dipakai sebelumnya
·
Peta ASEAN
|
Indikator
Penilaian
Diagram
Venn memuat dua negara ASEAN
Diagram Venn membandingkan kondisi geografis dua negara
Catatan Anekdot untuk
mencatat proses pengerjaan patung (keterampilan, kemandirian, kreatifitas,
kerapian, dan kedisiplinan dalam berkarya).
|
|
Sebagian besar
kawasan Asia Tenggara beriklim tropis dengan curah hujan tinggi dan suhu udara
panas. Hutan tropisnya kaya akan flora dan fauna. Hutan menghasilkan kayu dan
rotan. Hanya Myanmar bagian utara yang beriklim subtropis.
Hampir semua
negara di kawasan Asia Tenggara memiliki wilayah laut. Laut banyak memberikan
manfaat terkait sumber daya alam, yaitu:
- ikan dan hasil
laut lainnya,
- jalur
transportasi air,
- objek wisata,
dan
- bahan tambang,
seperti minyak dan gas bumi.
Hutan tropis di
sebagian besar wilayah Asia Tenggara menghasilkan kayu yang sangat bermanfaat
bagi penduduknya. Sebagian dari mereka memanfaatkan kayu untuk dibuat patung.
Patung
Nusantara banyak
diminati masyarakat dunia. Ternyata tumbuhan memberikan manfaat bukan
Cara Membuat
Adonan Plastisin
Bahan-bahan:
• 2 cangkir
terigu
• ½ cangkir
garam
• 2 sendok makan
minyak sayur
• 1 ½ cangkir
air hangat
• Pewarna
makanan
Cara membuat:
1. Campurkan
terigu, garam, dan minyak sayur dalam wadah.
2. Masukkan air
hangat secara bertahap hingga adonan menjadi liat tidak terlalu lembek
3. Gulung dan
remas-remas adonan hingga bercampur dengan sempurna.
4. Bagi adonan menjadi
beberapa bagian. Buatlah lubang di tengahnya dan teteskan pewarna makanan. Kemudian gulung-gulung adonan hingga warna
tercampur merata.
1. Hasil dari -15 + 9 adalah . . . .
a. -24 c. 6
b. -6 d. 24
2. Hasil dari -23 + (-11) adalah . . . .
a. -34 c. 12
b. -12 d. 34
3. Hasil dari -20 – (-38) adalah . . . .
a. -58 c. 58
b. -18 d. 18
4. -8
x 6 = n; nilai n adalah . . . .
a.
-48 c.
42
b.
-65 d. 48
5. Hasil dari -13 x (-5) adalah . . . .
a. -75 c. 65
b. -65 d. 75
6. . Hasil dari -72 : 3 adalah . . . .
a. -26 c. 24
b. -24 d. 26
7. . Hasil dari 63 : (-9) adalah . . . .
a. -7 c. 6
b. -6 d. 7
8. Hasil dari 1.800 : 15 x 6 adalah . . . .
a. 20 c. 200
b. 72 d. 720
9. Hasil dari 13 x 120 – 96 : 8 adalah . . . .
a. 183 c. 1.464
b. 193 d. 1.548
10. Hasil dari 26 + 15 x 11 – 38 adalah . . . .
a. 91 c. 429
b. 153 d. 2.731
11. Hasil dari – 48 – (- 38) adalah . . . .
12.
Hasil dari -9 x 8 adalah . . . .
13.
Hasil dari 75 : (-5) adalah . . . .
14.
Diketahui 858 + 342 : 6 – 156 = n. Nilai n adalah . . . .
15.
Suhu di sebuah puncak gunung pada siang hari 60 C. Pada malam hari
suhunya
turun 150 C. Berapa 0C
suhu di puncak gunung tersebut pada malam hari?
16
Suhu dalam lemari es pada saat dinyalakan adalah -50 C. Setelah
mesin dimatikan
suhunya naik 180 C. Berapa 0C
suhu dalam lemari es setelah mesinnya dimatikan?
17.
Firda mempunyai 2 gulung pita. Setiap gulung pita panjangnya 18 m. Pita
sepanjang 8 m digunakan Firda untuk
membuat kerajinan. Sisa pita akan dibagikan
kepada 7 temannya. Berapa panjang setiap
teman Firda akan memperoleh pita
?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar