Minggu, 21 Juli 2019

bahan ajar 22/7/2019

Hari/ tanggal      :     senin, 22 Juli 2019
Kelas                  :   VI
Semester            :  I
Jam Perte muan
Kompetensi Dasar
Tujuan PembelaJaran
Langkah-langkah pembelajaran
Sumber pembelajaran/alat peraga
Instrument
 penilaian
Keterangan

IPS

3.1         Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.

3.1.1            menyebutkan kehidupan sosial budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar.

4.1   Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN.

4.1.1    menulis laporan tentang perbedaan sosial budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.


SBDP

3.4             Memahami patung

3.4.1  menemukan cara membuat patung dengan tepat.

4.4       Membuat patung.

4.4.1    membuat patung dengan lebih terampil.




MTK
3.3   Menjelaskan dan melakukanoperasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.

3.3.1 Menentukan bentuk operasihitung campuran

4.3   Menyelesaikan masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam berbagaibentuk sesuai urutan operasi.

4.3.1 Menyelesaikan soal denganbentuk operasi hitung campuran
·            Setelah membaca teks tentang ASEAN dan kondisi geografisnya, siswa mampu menyebutkan kehidupan sosial budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar.
·            Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan tentang perbedaan sosial budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.
·            Setelah melakukan uji coba dengan bahan patung, siswa mampu menemukan cara membuat patung dengan tepat.
·            Dengan menggunakan bahan tanah liat, lilin malam, atau adonan, siswa mampu mencoba membuat patung dengan lebih terampil.




1.     Setelah membaca soal cerita, siswa mampu menentukan bentuk operasihitung campuran dengan benar.

2.    Setelah membaca soal cerita, siswa mampu menyelesaikan soal denganbentuk operasi hitung campuran dengan benar.

·     Di awal pembelajaran, guru meminta siswa untuk melanjutkan pekerjaan mereka terkait negara ASEAN. Siswa membuka kembali catatan yang ada pada diagram Venn-nya.
·     Guru mengingatkan siswa untuk membaca informasi terlebih dahulu tentang kondisi geografis negara ASEAN. Kemudian guru menawarkan siswa untuk mencari informasi lebih dari guru atau bahan bacaan lain apabila tersedia.
·     Guru menunjukkan daftar periksa yang akan digunakan untuk menilai pekerjaan siswa.
·     Guru kemudian mengajak siswa untuk berdiskusi tentang hasil pekerjaannya. 4C(Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation).


·     Apabila di pembelajaran dua siswa sudah dapat membuat patung dengan baik, maka siswa dapat mencoba membuat patung dengan bentuk lainnya. Mandiri (kerja keras, kreatif, disiplin, berani, rajin belajar)
·     Guru mengingatkan siswa bahwa membuat patung dibutuhkan kelenturan tangan yang baik dan kesabaran serta kedisiplinan.
·     Guru berkeliling kelas untuk mengamati kegiatan siswa dan memberikan bantuan apabila mereka membutuhkan.
§  Setelah selesai dengan kegiatan, siswa diingatkan untuk menjaga kebersihan dan mengembalikan pekerjaannya pada tempat semula. Setiap soal dinilai oleh guru.


§  Setiap soal dinilai oleh guru.
§  Setelah dinilai, guru meminta siswa untuk mendiskusikan jawabannya dengan teman sebelah atau satu kelompok. Guru memberikan penguatan terhadap konsep operasi hitung campuran yang ada. Collaboration
Guru melakukan penilaian terhadap satu kelompok saat mereka berdiskusi. Saat menilai, guru menggunakan rubrik. Siswa yang belum dinilai pada kesempatan ini dapat dinilai saat mereka melakukan diskusi di kesempatan lain. Rubrik ada di halaman penilaian.
§  Guru melakukan hal yang sama terhadap soal berikutnya.
§  Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa. Mandiri
§  Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di Buku Guru.

·          Trie Hartiti Retnowati, Dkk., Buku Guru dan Buku Siswa, Tema 1 : Selamatkan Makhluk Hidup., Cetakan Ke-2 (Edisi Revisi), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2018.
·          Bahan membuat patung yang dipakai sebelumnya
·          Peta ASEAN


Indikator Penilaian

Diagram Venn memuat dua negara ASEAN

Diagram Venn membandingkan kondisi geografis dua negara


Catatan Anekdot untuk mencatat proses pengerjaan patung (keterampilan, kemandirian, kreatifitas, kerapian, dan kedisiplinan dalam berkarya).






Sebagian besar kawasan Asia Tenggara beriklim tropis dengan curah hujan tinggi dan suhu udara panas. Hutan tropisnya kaya akan flora dan fauna. Hutan menghasilkan kayu dan rotan. Hanya Myanmar bagian utara yang beriklim subtropis.

Hampir semua negara di kawasan Asia Tenggara memiliki wilayah laut. Laut banyak memberikan manfaat terkait sumber daya alam, yaitu:
- ikan dan hasil laut lainnya,
- jalur transportasi air,
- objek wisata, dan
- bahan tambang, seperti minyak dan gas bumi.
Hutan tropis di sebagian besar wilayah Asia Tenggara menghasilkan kayu yang sangat bermanfaat bagi penduduknya. Sebagian dari mereka memanfaatkan kayu untuk dibuat patung. Patung
Nusantara banyak diminati masyarakat dunia. Ternyata tumbuhan memberikan manfaat bukan
hanya sebagai bahan makanan, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk kesenian


Cara Membuat Adonan Plastisin
Bahan-bahan:
• 2 cangkir terigu
• ½ cangkir garam
• 2 sendok makan minyak sayur
• 1 ½ cangkir air hangat
• Pewarna makanan

Cara membuat:
1. Campurkan terigu, garam, dan minyak sayur dalam wadah.
2. Masukkan air hangat secara bertahap hingga adonan menjadi liat tidak terlalu lembek
3. Gulung dan remas-remas adonan hingga bercampur dengan sempurna.
4. Bagi adonan menjadi beberapa bagian. Buatlah lubang di tengahnya dan teteskan pewarna  makanan. Kemudian gulung-gulung adonan hingga warna tercampur merata.









1.        Hasil dari -15 + 9 adalah . . . .
            a. -24                                                   c. 6
            b. -6                                                     d. 24

2.       Hasil dari -23 + (-11) adalah . . . .
            a. -34                                                   c. 12
            b. -12                                                   d. 34

3.       Hasil dari -20 – (-38) adalah . . . .
            a. -58                                                   c. 58
            b. -18                                                   d. 18

4.      -8 x 6 = n; nilai n adalah . . . .
         a. -48                                                      c. 42
         b. -65                                                      d. 48

5.      Hasil dari -13 x (-5) adalah . . . .
            a. -75                                                   c. 65
            b. -65                                                   d. 75

6.   . Hasil dari -72 : 3 adalah . . . .
            a. -26                                                   c. 24
            b. -24                                                   d. 26

7.   . Hasil dari 63 : (-9) adalah . . . .
            a. -7                                                     c. 6
            b. -6                                                     d. 7

8.        Hasil dari 1.800 : 15 x 6 adalah . . . .
            a. 20                                                    c. 200
            b. 72                                                    d. 720

9.        Hasil dari 13 x 120 – 96 : 8 adalah . . . .
            a. 183                                                  c. 1.464
            b. 193                                                  d. 1.548

10.      Hasil dari 26 + 15 x 11 – 38 adalah . . . .
            a. 91                                                    c. 429
            b. 153                                                  d. 2.731

11.      Hasil dari – 48 – (- 38) adalah . . . .

12. Hasil dari -9 x 8 adalah . . . .

13. Hasil dari 75 : (-5) adalah . . . .

14. Diketahui 858 + 342 : 6 – 156 = n. Nilai n adalah . . . .

15. Suhu di sebuah puncak gunung pada siang hari 60 C. Pada malam hari suhunya 
      turun 150 C. Berapa 0C suhu di puncak gunung tersebut pada malam hari?

16 Suhu dalam lemari es pada saat dinyalakan adalah -50 C. Setelah mesin dimatikan
      suhunya naik 180 C. Berapa 0C suhu dalam lemari es setelah mesinnya dimatikan?

17. Firda mempunyai 2 gulung pita. Setiap gulung pita panjangnya 18 m. Pita 
      sepanjang 8 m digunakan Firda untuk membuat kerajinan. Sisa pita akan dibagikan
      kepada 7 temannya. Berapa panjang setiap teman Firda akan memperoleh pita


?

























































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar