Rabu, 04 September 2019

materi matematika (lingkaran)

RINGKASAN MATERI PEMBELAJARAN

Hari/Tanggal   :  Kamis, 5 September 2019
Mata Pelajaran : Matematika
Tema                  : Lingkaran
Sub Tema         : Unsur lingkaran

Kompetensi Dasar : 3.4. Menjelaskan titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali
                                        busur,tembereng, dan juring
Indikator : 3.4.1. Memahami titik pusat, jari-jari dan diameter
                  3.4.2. Mengetahui busur, tali busur

Ringkasan Materi :

Perhatikan benda-benda berikut. Bagaimana bentuknya?



Benda-benda di atas berbentuk lingkaran.
Lingkaran berbentuk kurva mulus dan tertutup.



RINGKASAN MATERI PEMBELAJARAN

MATERI AJAR


Hari/ Tanggal                      :  Kamis, 5 September 2019
Tema                                     : 3 (TokohdanPenemuan)
Subtema                              : 1 ( Penemu Yang MengubahDunia)
PB                                           :  2 (dua)
Muatan PB                          : PPKndan SBDP

PKn

PengertianHak&Kewajiban
Hakadalahsegalasesuatu yang semestinyakitaperolehdari orang lain.
Kewajibanadalahsegalasesuatu yang semestinyakitaberikankepada orang lain gunamenghormatihak orang lain.
Dalampelaksanaanyahakdankewajibanharusdijalankandenganseimbang, halinibertujuan agar terjadiikatankesinambunganantarindividu yang satudenganindividu yang lain, sehinggaakanterciptanyahubungantimbalbalik yang positifdanterwujudnyakeselarasan yang harmonisantarumatmanusia, disisi yang lain halinijugadapatmemicuterciptanyapersatuandankesatuanditengah – tengahkehidupanberbangsadanbernegara.

ContohHak di LingkunganKeluarga, Sekolah, danMasyarakat
(LingkunganKeluarga)
a.   Mendapatkankasihsayangdarianggotakeluarga.
b.   Menerimanafkahbaikdenganbentuksandang, pangan, maupunpapan.
c.   Terhindardarikekerasanrumahtangga.

(LingkunganSekolah)
a.  Mendapatkanpengajaran yang baikdanberetika.
b. Terhindardariperilaku yang tidakmenyenangkanseperti bullying.
c.  Mendapatkanpenghormatanbaiksebagai guru maupunmurid.

(LingkunganMasyarakat)
a.       Mendapatkebebasandalammenentukankepercayaandantatacaraberibadah.
b.      Mendapatkanhaknyadalammenyampaikanpendapat.
c.       Mendapathakuntuksenantiasadihormatilayaknyamanusiapadaumumnya.

ContohKewajiban di LingkunganKeluarga, Sekolah, danMasyarakat
(LingkunganKeluarga)
a.       Mentaatiperaturan yang berlaku di Keluarga.
b.      Menghormatihaksetiapanggotakeluarga.
c.       Memuliakandanmenghargaikeduaorangtua.

(LingkunganSekolah)
a.          Mengikutipembelajaransesuaidenganetikadanperaturan yang berlaku.
b.         Menghormatisetiapkomponensekolahbaikantarsesamamurid, penguruskebun, penjualkantin, hingga guru.
c.          Menjalankankewajibanpiketmaupunmengerjakantugasrumahsebaikmungkin.

(LingkunganMasyarakat)
a.          Memberikankebebasankepada orang lain untukmemelukkeyakinandancaraberibadahnya.
b.         Menjalankanamanah yang diembandengansebaikmungkin.
c.          Salingmenjagakeamanandanketentraman.
d.         Kewajibanmenjagakeamanansertaketertibanmasyarakat.
e.         Kewajibanmenghormati orang lain.
f.           Kewajibanpatuhterhadapperaturan yang berlaku di masyarakat.
g.          Kewajibanselalumenjagakebersihan di lingkunganmasyarakat.

SBDP
Unsur–unsurmelodi yang baikituapabila Interval nadanyadapatdijangkaupenyanyiataualatmusik. Interval Nada adalahJarakantarsatu nada dengan nada lain. Interval nada ada yang bernilai 1 danada pula yang bernilaisetengah.Untuk interval nada mayor memiliki interval 1- 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 - 1/2 iniberlakuapabilamasih normal menggunakan nada do = C yaituurutanNadanya C - D - E - F - G - A - B - C. 

Kita jugabisamelihat interval Nada denganmenggunakan not balok.Kitaakanmelihatposisi nada pada garisParanada. Bagaimanajika nada dimulaipada C Mayor danbagaimanajika Nada dimulaidari D mayor. Jikadimulaidari D Mayor, makaGambar Not Balok nada D dimulaidari GarispertamaParaNada.kemudiaspasi 1, Garis ke-2 Spasidanseterusnya yang sudahsayaterangkandalamartikel NotasiangkadanNotasiBalok (JenisNotasiMusik). UntukitusebagaibahanperbandingandaricontohTangga Nada D Mayor denganTangga Nada C Mayor dengan interval 1 - 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 - 1/2. 




Hari/Tanggal   :  Kamis, 5 September 2019
Tema 3               : Tokoh dan Penemuan
Sub Tema 1     : Penemu yang Mengubah Dunia
Pembelajaran : 3 (TIGA)
Muatan PB      : Bahasa Indonesia, IPA

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia
 
Perhatikan teks berikut !

Antonio Meucci, Pria Italia Penemu Telepon
            Telepon merupakan alat komunikasi yang paling banyak digunakan pada zaman sekarang. Kegunaannya untuk menyampaikan pesan suara ataupun pesan teks kepada penerima pesan di tempat yang berbeda atau jarak jauh. Sebelum mengenal telepon, orang lebih banyak menggunaka mesin telegraf untuk mengirim pesan. Namun, ketika telepon sudah ditemukan, telegraf mulai ditinggalkan.
            Dialah Antonio Santi Giuseppe Meucci, seorang penemu berkebangsaan Italia yang berhasil menemukan telepon. Imigran dari Firenze (Florence), italia ini menciptakan telepon pada tahun 1849. Antonio Meucci lahir di San Frediano, pada tanggal 13 April 1808. Pada tahun 1850, Meucci pindah ke Saten Island, New York. Pada saat itu Meucci sakit dan memerlukan banyak uang untuk berobat, sehingga istrinya terpaksa menjual beberapa alat-alat ciptaannya seharga enam dolar untuk biaya pengobatan. Setelah sembuh, Meucci bekerja keras siang dan malam untuk kembali membuat alat-alat ciptaannya.
            Banyak orang yang mengira bahwa penemu telepon adalah Alexander Graham Bell, tetapi sebenarnya penemu telepon yang asli adalah Antonio Meucci. Oleh karena ada kesalahpahaman tersebut, maka diadakanlah Kongres Amerika. Pada tahun 2002, kongres Amerika Serikat menetapkan Antonio Meucci sebagai penemu telepon. Pada September 2001, Meucci dengan resmi diterima sebagai pencipta telepon oleh kongres Amerika. Meucci telah menciptakan telepon pada tahun 1849, sedangkan Alexander Graham Bell membuat telepon pertama di Boston tahun 1876.
·         Tentukan bagian pernyataan umum, deretan penjelas dan penutup dari teks di atas !

Rangkuman Materi IPA
Membuat Rangkaian Listrik Seri
Rangkaian seri merupakan salah satu contoh rangkaian listrik tertutup. Pada rangkaian listrik seri, alat listrik disusun secara seri (berderet) atau tidak bercabang. Pada rangkaian  seri, jika salah satu lampu padam, lampu lainnya akan ikut padam karena arus listrik terputus.

1.      Siapkan bahan dan alat untuk membuat rangkain listrik seri
2.      Amati  kembali gambar rangkaian seri pada lampu.
3.      Gambarlah rencana rangkaian lampu seri yang akan kamu buat.
4.      Cermati panduan keselamatan kerja berikut sebelum kamu memulai percobaan!

Panduan Keselamatan Kerja
a.      Pastikan semua bahan dalam kondisi baik (baterai tidak berkarat atau bocor).
b.      Pastikan tangan bersih dan kering saat melakukan percobaan.
c.       Berhati-hati saat menggunakan benda tajam (gunting).
d.      Gunakan alat dan bahan dengan semestinya.

Setelah membuat rangkainan listrik seri, sekarang kamu akan menguji model lampu yang telah dibuat.
Cermati pertanyaan berikut!
1.      Apakah lampu pada rangkaian menyala dengan baik?
2.      Jika ya, bandingkan terangnya lampu pada rangkaianmu dengan lampu
milik teman yang lain! Analisis penyebab perbedaan tersebut!
3.      Jika lampu tidak menyala, bandingkan rangkaian lampumu dengan rangkaian
milik teman yang menyala! Temukan kesalahannya dan perbaiki!
4.      Jika lampu mudah putus, amati jumlah baterai yang digunakan! Temukan permasalahannya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar