materi matematika (lingkaran)
RINGKASAN MATERI PEMBELAJARAN
Hari/Tanggal : Kamis, 5 September 2019
Hari/Tanggal : Kamis, 5 September 2019
Mata Pelajaran : Matematika
Tema : Lingkaran
Sub Tema : Unsur lingkaran
Kompetensi Dasar : 3.4. Menjelaskan titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali
busur,tembereng, dan juring
Indikator : 3.4.1. Memahami titik pusat, jari-jari dan diameter
3.4.2. Mengetahui busur, tali busur
Ringkasan Materi :
Perhatikan benda-benda berikut. Bagaimana bentuknya?
Benda-benda di atas berbentuk lingkaran.
Lingkaran berbentuk kurva mulus dan tertutup.
Tema : Lingkaran
Sub Tema : Unsur lingkaran
Kompetensi Dasar : 3.4. Menjelaskan titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali
busur,tembereng, dan juring
Indikator : 3.4.1. Memahami titik pusat, jari-jari dan diameter
3.4.2. Mengetahui busur, tali busur
Ringkasan Materi :
Perhatikan benda-benda berikut. Bagaimana bentuknya?
Benda-benda di atas berbentuk lingkaran.
Lingkaran berbentuk kurva mulus dan tertutup.
RINGKASAN MATERI PEMBELAJARAN
MATERI
AJAR
Hari/
Tanggal : Kamis, 5 September 2019
Tema : 3
(TokohdanPenemuan)
Subtema : 1 ( Penemu Yang
MengubahDunia)
PB : 2 (dua)
Muatan PB : PPKndan SBDP
PKn
PengertianHak&Kewajiban
Hakadalahsegalasesuatu yang
semestinyakitaperolehdari orang lain.
Kewajibanadalahsegalasesuatu yang
semestinyakitaberikankepada orang lain gunamenghormatihak orang lain.
Dalampelaksanaanyahakdankewajibanharusdijalankandenganseimbang,
halinibertujuan agar terjadiikatankesinambunganantarindividu yang
satudenganindividu yang lain, sehinggaakanterciptanyahubungantimbalbalik yang
positifdanterwujudnyakeselarasan yang harmonisantarumatmanusia, disisi yang
lain halinijugadapatmemicuterciptanyapersatuandankesatuanditengah –
tengahkehidupanberbangsadanbernegara.
ContohHak di LingkunganKeluarga,
Sekolah, danMasyarakat
(LingkunganKeluarga)
a. Mendapatkankasihsayangdarianggotakeluarga.
b. Menerimanafkahbaikdenganbentuksandang, pangan,
maupunpapan.
c. Terhindardarikekerasanrumahtangga.
(LingkunganSekolah)
a. Mendapatkanpengajaran yang baikdanberetika.
b. Terhindardariperilaku yang tidakmenyenangkanseperti bullying.
c. Mendapatkanpenghormatanbaiksebagai guru maupunmurid.
(LingkunganMasyarakat)
a.
Mendapatkebebasandalammenentukankepercayaandantatacaraberibadah.
b.
Mendapatkanhaknyadalammenyampaikanpendapat.
c.
Mendapathakuntuksenantiasadihormatilayaknyamanusiapadaumumnya.
ContohKewajiban di
LingkunganKeluarga, Sekolah, danMasyarakat
(LingkunganKeluarga)
a.
Mentaatiperaturan yang berlaku di Keluarga.
b.
Menghormatihaksetiapanggotakeluarga.
c.
Memuliakandanmenghargaikeduaorangtua.
(LingkunganSekolah)
a.
Mengikutipembelajaransesuaidenganetikadanperaturan
yang berlaku.
b.
Menghormatisetiapkomponensekolahbaikantarsesamamurid,
penguruskebun, penjualkantin, hingga guru.
c.
Menjalankankewajibanpiketmaupunmengerjakantugasrumahsebaikmungkin.
(LingkunganMasyarakat)
a.
Memberikankebebasankepada orang lain
untukmemelukkeyakinandancaraberibadahnya.
b.
Menjalankanamanah yang
diembandengansebaikmungkin.
c.
Salingmenjagakeamanandanketentraman.
d.
Kewajibanmenjagakeamanansertaketertibanmasyarakat.
e.
Kewajibanmenghormati orang lain.
f.
Kewajibanpatuhterhadapperaturan yang berlaku di
masyarakat.
g.
Kewajibanselalumenjagakebersihan di
lingkunganmasyarakat.
SBDP
Unsur–unsurmelodi yang
baikituapabila Interval nadanyadapatdijangkaupenyanyiataualatmusik. Interval
Nada adalahJarakantarsatu nada dengan nada lain. Interval nada ada yang
bernilai 1 danada pula yang bernilaisetengah.Untuk interval nada mayor memiliki
interval 1- 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 - 1/2 iniberlakuapabilamasih normal menggunakan
nada do = C yaituurutanNadanya C - D - E - F - G - A - B - C.
Kita jugabisamelihat interval Nada denganmenggunakan
not balok.Kitaakanmelihatposisi nada pada garisParanada. Bagaimanajika nada dimulaipada C Mayor
danbagaimanajika Nada dimulaidari D mayor. Jikadimulaidari D Mayor, makaGambar
Not Balok nada D dimulaidari GarispertamaParaNada.kemudiaspasi
1, Garis ke-2 Spasidanseterusnya yang sudahsayaterangkandalamartikel NotasiangkadanNotasiBalok
(JenisNotasiMusik).
UntukitusebagaibahanperbandingandaricontohTangga Nada D Mayor denganTangga Nada
C Mayor dengan interval 1 - 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 - 1/2.
Hari/Tanggal : Kamis, 5 September 2019
Tema 3 : Tokoh dan Penemuan
Sub Tema 1 : Penemu yang
Mengubah Dunia
Pembelajaran : 3 (TIGA)
Muatan PB : Bahasa Indonesia, IPA
Rangkuman Materi Bahasa Indonesia
Perhatikan
teks berikut !
Antonio Meucci,
Pria Italia Penemu Telepon
Telepon merupakan alat komunikasi
yang paling banyak digunakan pada zaman sekarang. Kegunaannya untuk
menyampaikan pesan suara ataupun pesan teks kepada penerima pesan di tempat
yang berbeda atau jarak jauh. Sebelum mengenal telepon, orang lebih banyak
menggunaka mesin telegraf untuk mengirim pesan. Namun, ketika telepon sudah
ditemukan, telegraf mulai ditinggalkan.
Dialah Antonio Santi Giuseppe
Meucci, seorang penemu berkebangsaan Italia yang berhasil menemukan telepon.
Imigran dari Firenze (Florence), italia ini menciptakan telepon pada tahun
1849. Antonio Meucci lahir di San Frediano, pada tanggal 13 April 1808. Pada
tahun 1850, Meucci pindah ke Saten Island, New York. Pada saat itu Meucci sakit
dan memerlukan banyak uang untuk berobat, sehingga istrinya terpaksa menjual
beberapa alat-alat ciptaannya seharga enam dolar untuk biaya pengobatan.
Setelah sembuh, Meucci bekerja keras siang dan malam untuk kembali membuat
alat-alat ciptaannya.
Banyak orang yang mengira bahwa
penemu telepon adalah Alexander Graham Bell, tetapi sebenarnya penemu telepon
yang asli adalah Antonio Meucci. Oleh karena ada kesalahpahaman tersebut, maka
diadakanlah Kongres Amerika. Pada tahun 2002, kongres Amerika Serikat
menetapkan Antonio Meucci sebagai penemu telepon. Pada September 2001, Meucci
dengan resmi diterima sebagai pencipta telepon oleh kongres Amerika. Meucci
telah menciptakan telepon pada tahun 1849, sedangkan Alexander Graham Bell
membuat telepon pertama di Boston tahun 1876.
·
Tentukan bagian
pernyataan umum, deretan penjelas dan penutup dari teks di atas !
Rangkuman Materi IPA
Membuat Rangkaian Listrik Seri
Rangkaian seri
merupakan salah satu contoh rangkaian listrik tertutup. Pada rangkaian listrik
seri, alat listrik disusun secara seri (berderet) atau tidak bercabang. Pada
rangkaian seri, jika salah satu lampu
padam, lampu lainnya akan ikut padam karena arus listrik terputus.
1. Siapkan bahan dan alat
untuk membuat rangkain listrik seri
2. Amati kembali
gambar rangkaian seri pada lampu.
3. Gambarlah rencana rangkaian lampu seri yang akan
kamu buat.
4.
Cermati
panduan keselamatan kerja berikut sebelum kamu memulai percobaan!
Panduan Keselamatan Kerja
a. Pastikan semua bahan dalam kondisi baik (baterai
tidak berkarat atau
bocor).
b. Pastikan tangan bersih dan kering saat melakukan
percobaan.
c. Berhati-hati saat menggunakan benda tajam (gunting).
d. Gunakan alat dan bahan dengan semestinya.
Setelah
membuat rangkainan listrik seri, sekarang
kamu akan menguji model lampu yang telah dibuat.
Cermati pertanyaan berikut!
1. Apakah lampu pada rangkaian menyala dengan baik?
2. Jika ya, bandingkan terangnya lampu pada rangkaianmu
dengan lampu
milik teman yang lain!
Analisis penyebab perbedaan tersebut!
3. Jika lampu tidak menyala, bandingkan rangkaian
lampumu dengan rangkaian
milik teman yang
menyala! Temukan
kesalahannya dan perbaiki!
4. Jika lampu mudah putus, amati jumlah baterai yang
digunakan! Temukan
permasalahannya!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar